Shisa Kanko : teknik sederhana mengurangi error dan sloppiness ketika bekerja

[Shisa Kanko : teknik sederhana mengurangi error dan sloppiness ketika bekerja]

Bagi yg pernah naik kereta di Jepang, insya Allah familiar dg adegan pak masinis yg nunjuk2 sambil ngomong sendiri sebelum memberangkatkan kereta kan?

Nah uniknya, adegan itu juga dipraktekan oleh temen lab ketika sdg eksperimen kemarin. Nunjuk2 alat sambil bergumam sendiri, lucu wkwk. Pas ditanyain, dia cerita kalau gerakan2 itu di Jepang dikenal dg nama shisa kanko atau pointing and calling dalam bahasa Inggris. Rupa2nya dia sering lupa atau ada prosedur yg terlewat kalau lagi eksperimen, jadi penangkalnya adalah dg shisa kanko, meski terlihat lucu :p

Setelah gugling2, ternyata banyak hal menarik soal shisa kanko (SK) yg memungkinkan buat jadi bahan #belajar. Kalau mau liat contoh realnya, bisa cek video ini (2)

Ide dasar dari SK ini adalah, ketika mengkonfirmasi sesuatu, kita ga cuma ngeliatin saja, tapi juga nunjuk pake jari dan diucapkan dg lisan. Karena otak, mata, tangan, mulut dan telinga kerja bareng2, bisa lebih meningkatkan fokus dan mengurangi resiko kelupaan, error atau sloppiness.

Misal ketika kereta mau berangkat, pak masinis akan nunjuk jam sambil bilang : jam 2 lebih 5 menit, siap berangkat dari Ikoma station; nunjuk pintu kereta sambil bilang : pintu nutup dg normal, yosh, berangkat; terus pencet tombol berangkat.

Penelitian dari the Railway Technical Research Institute di Jepang juga melaporkan kalau SK ini mengurangi error sampai 80 persen (3) dan mengurangi kecelakaan sampai 30 persen (1).

So, next time naik kereta, bisa coba merapat ke gerbong paling ujung tempat pak masinis kerja, sambil curi2 dengar dan liat2 gimana SK ini dipraktekkan.

Bisa juga diusulkan utk diadopsi sama KAI atau perusahaan2 yg terkait transportasi.

sumber gambar (1)

Ref :

1. http://www.allaboutlean.com/pointing-and-calling/

2. https://www.youtube.com/watch?v=9LmdUz3rOQU

3. http://www.japantimes.co.jp/news/2008/10/21/reference/jr-gestures/#.WSPnMMklFEJ

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s